Bedanya yang Di Buku dan yang Di Film

Aku ini pencinta berat karya Enid Blyton ( nomor satu Harry Potter. :p ). Dan yang paling kugemari Seri Lima Sekawan dan Seri Pasukan Mau Tahu. Maka, aku minta ibuku mendonlot filmnya. Nah, ada di donlot 3. Kuperhatikan. Kayaknya, mereka  percepat deh. Trus, Judulnya beda dengan bukunya. Yah, bagiku sih, itu nggak masalah, soalnya, karena udah baca sebagian besar buku lima Sekawan, aku jadi kenal. Nah, yang agak menggangguku itu ini nih.

  1. Filmnya beda dengan yang di buku. Di dua film Lima Sekawan yang bukunya pernah kubaca, yaitu: Jo Anak Gelandangan, dan Karang Setan. Nah, Kalau yang di Jo Anak Gelandangan bukunya, mereka pergi kepantai, dan menggali lubang untuk tempat duduk. Trus, mereka pergi berenang. Waktu kembali, sudah ada anak lain duduk di lubang George. Di filmnya, mereka pergi ke pantai, lalu mereka bertemu anak itu. Dick mengusir anak itu, dan George marah, lalu Jo dan George bertengkar. Trus, waktu ke rumah Red Tower, yang dibukunya begini: Rumah si Red diatas tebing, yang difilmnya nggak. Trus, yang difilmnya, Timmy, anjing George yang ditangkap dikasih obat bius yang kuat sekali, jadi gimana caranya Timmy bisa langsung sadar dan menyerang orang yang mengejar mereka? Kalau yang dibukunya: Mereka turun lewat tebing dengan tali, difilm nggak. Timmy diikat dan diturunkan dengan tali, dan Jo memanjat turun. Talinya nggak mereka lepas, jadinya, Markoff, orang yang mengejar mereka turn lwat tali. Julian, Dick, dan George serta Anne mendorong perahu ke air, dan melompat. Timmy juga melompat, tapi karena masih ada efek obat biusnya, ia oleng dan jatuh ke air, dan air menyegarkannya. Dia sadar dan mengejar Markoff.

Naah, beda kan?

  1. Kalau dibuku Karang Setan, mereka kecurian setelah beberapa hari, kalo yang difilmnya, waktu mereka baru datang, besoknya mereka jalan-jalan, dan waktu pulang udah kecurian. Trus, yang dibukunya, Jacob dan Ebenezer, cicit penyelundup yang dulu tinggal disitu, yang mencuri dari menara karang setan, dibawa ke kantor polisi, dan mereka tak memberikan barang yang mereka curi. Kalo difilmnya iya. Trus, kalo dibukunya, Paman Quentin ngomong dengan istrinya, Bibi Fanny, kalau temannya akan datang bersama anknya yang bernama Utik. Bibi Fanny bingung, karena George serta sepupunya akan datang berlibur hari itu, maka ia menelpon George, tapi George sudah pergi, yang menjawab telepon orang jang menjaga rumah Julian. Kalo yang difilmnya, baru saja Paman Quentin ngomong ke Bibi Fanny, eh, temannya udah datang. Dibukunya, Utik umurnya 9 tahun, kalo difilmnya ia sebaya dengan Dick, sebelas tahun.

Nah, itu yang menggangguku.

Makanya, aku bilang, mending kalian baca bukunya dulu, baru nonton filmnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s